Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Segera Relokasi PKL di 4 Lokasi Kota Bandung

Kompas.com - 15/02/2016, 16:09 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung kembali bakal menata empat lokasi yang kerap dijadikan tempat mangkal pedagang kaki lima (PKL).

Empat lokasi tersebut berada Jalan Purnawarman, Jalan Cicadas, Jalan Dayang Sumbi dan Jalan Otto Iskandar Dinata. Hal itu diungkapkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil seusai menggelar rapat bersama satuan tugas khusus penataan PKL di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin (15/2/2016).

"Tadi ada rapat penting karena sesuai janji, kita pelan-pelan akan menata PKL, jadi di semester ini empat lokasi menjadi target penataan dan semua sudah ada rencana secara teknis," kata Emil, sapaan akrabnya.

Emil menambahkan, para PKL yang bakal digusur akan direlokasi ke sejumlah tempat yang telah disediakan. Untuk PKL di Jalan Dayang Sumbi, Pemkot Bandung telah menyediakan lahan di area Sasana Budaya Ganesha (Sabuga).

Pemkot Bandung akan menyediakan tempat khusus dengan anggaran sekitar Rp 1 miliar.

"Pertama bulan April mulai untuk PKL di Dayang Sumbi, dananya sudah disiapkan Rp 500 juta sampai Rp 1 miliar, dipindah ke Sabuga selesai satu sampai dua bulan, nanti PKL akan dipindahkan ke tempat itu. Mereka tidak ada masalah, hanya masalah waktu," tuturnya.

Untuk PKL di Jalan Purnawarman akan dipindahkan ke lokasi parkir Bandung Elektornik Center. Pemkot Bandung bakal memberi waktu sekitar empat minggu.

"Ada sekitar 45 PKL (di Jalan Purnawarman). Karena itu kan parkirnya BEC, sedangkan BEC kan parkirnya sudah punya, sudah tempat parkir lebih dari cukup, akhirnya saya melobi pihak BEC untuk menaruh sementara ke sana. Tidak pakai dana, hanya tinggal seremonial," jelasnya.

Pusat perbelanjaan Pasar Baru bakal menjadi tempat relokasi PKL di Jalan Otto Iskandardinata.

"Ketiga dalam waktu kurang lebih dua bulan, penataan PKL Otista akan dipindahkan ke lantai teratas Pasar Baru," kata Emil.

Sementara untuk PKL di Jalan Cicadas, lahan kosong eks pusat belanja Matahari bakal dijadikan tempat relokasi. Pemindahan PKL Cicadas terkesan molor.

"Kenapa dari sejak ketemu di Pendopo sampai saat ini belum ada kegiatan karena si eks Matahari dulu diokupasi ilegal. Sekarang karena sudah bersih, clear sudah bisa kita bisa gunakan," papar Emil.

Dia melanjutkan, upaya penataan PKL merupakan bentuk ketegasan Pemkot Bandung untuk memberikan kenyamanan bagi warga. Namun tetap memberikan solusi bagi PKL.

"Pemkot ini tegas untuk menata tapi tetap memberi solusi, jadi kita tidak akan gusur-menggusur tanpa solusi. Kenapa sejak kesepakatan belum dipindahkan? Karena anggarannya baru diketuk palu," tutup Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com