Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Pekan di Penampungan, Bocah-bocah Warga eks-Gafatar Mulai Sakit

Kompas.com - 13/02/2016, 17:09 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

BOYOLALI, KOMPAS.com - Lebih dari dua pekan, bocah-bocah warga eks-Gafatar menetap di penampungan sementara di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Kini, banyak dari mereka yang mulai terserang penyakit.

Cuaca buruk selama satu pekan terakhir membuat kondisi anak anak tersebut semakin memburuk.

Orangtua mulai mengeluhkan gatal gatal pada anak anak mereka. Bintik bintik berwarna merah dan gatal mulai dirasakan bocah-bocah tersebut. Salah satunya puteri dari Muhammad Iriyanto.

"Saya mulai lihat dua hari terahkhir mulai parah, dan hampir rata-rata anak anak di gedung ini terkena gatal-gatal, mungkin campak," kata dia, Sabtu (13/2/2016).

Gatal gatal disertai demam pada anak membuat banyak orangtua merasa khawatir. "Itu mungkin virus, bisa karena cuaca, kurang istirahat dan jajanan yang dikonsumsi anak anak," kata Atin, dokter di Poliklinik Asrama Haji.

Sejak dua pekan lalu, Asrama Haji Donohudan menjadi salah satu tampat penampungan bagi warga eks-Gafatar.

Hingga saat ini, 600-an warga eks Gafatar masih menunggu kepastian nasib mereka. Warga eks-Gafatar yang berada di Donohudan berasal dari berbagai daerah, dan mereka menunggu dipulangkan ke daerah masing masing. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com