Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Putus karena Gempa, Komunikasi di Sumba Barat Kembali Normal

Kompas.com - 12/02/2016, 23:47 WIB
KOMPAS.com - Setelah sempat terputus akibat gempa, Jumat (12/2/2016), komunikasi di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) dinyatakan kembali normal.

Kepala Pusat Data Informasi  dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, saat ini komunikasi dengan pihak berwenang di Waikabuba, ibu kota Kabupaten Sumba Barat, sudah dapat dilakukan.

"Setelah dilakukan perbaikan, saat ini komunikasi sudah dapat dilakukan dengan Waikabuba," kata Sutopo dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat malam.

Gempa berkekuatan 6,6 SR yang berpusat 14 km di Barat Daya Sumba Barat ini sempat menyebabkan gangguan jaringan telepon dan fiber optik sebelum gempa. Akibatnya, pusat sulit memperoleh informasi dari lokasi gempa.

Sutopo menambahkan, berdasarkan informasi sementara dari BPBD Sumba Barat, Waikabuba dalam kondisi aman. Listrik sudah menyala kembali.

"Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan. Besok pagi akan dilakukan pemantauan oleh BPBD dan aparat lain untuk melakukan kaji cepat. Masyarakat sudah kembali ke dalam rumah, meskipun beberapa kali terjadi guncangan akibat gempa susulan," ungkapnya.

Tercatat, tidak ada korban jiwa maupun kerugiaan materiil. Pusat gempa diketahui berada di kedalaman 10 km. Gempa terasa sekitar 10-20 detik di berbagai daerah. Guncangan terasa hingga Denpasar, Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com