Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Diguncang Gempa 6,6 SR, Komunikasi di Sumba Barat Terputus

Kompas.com - 12/02/2016, 21:26 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Gempa bumi berkekuatan 6,6 dalam skala richter menghantam Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (12/2/2016).

Meski pusat gempa tergolong dangkal, yaitu hanya sedalam 10 kilometer, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Siaran pers yang dikirim juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho kepada Kompas.com menyebutkan, posko BNPB hingga saat ini belum berhasil menghubungi BPBD dan instansi terkait di Kabupaten Sumba Barat.

Berbagai cara komunikasi, mulai dari radio komunikasi, telepon seluler, hingga telepon satelit sudah dilakukan, tetapi belum membuahkan hasil.

Berdasarkan informasi dari BPBD Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, gempa dirasakan cukup kuat mengguncang wilayah itu selama 10-15 detik.

Alhasil, warga masyarakat di Kabupaten Sumbawa berhamburan keluar rumah atau bangunan lainnya untuk mencari tempat yang lebih aman.

Gempa juga dirasakan di Kota Bima, NTB, dan di Pulau Bali meski guncangannya tak terlalu kuat.

Guncangan juga dirasakan di beberapa kota, seperti Waitabula, Waikelo, Praigopa, dan Memboro dengan intensitas lebih kuat.

Diperkirakan, sebanyak 58.000 jiwa merasakan guncangan gempa sangat kuat dan 207.000 jiwa merasakan guncangan kuat, sedangkan 228.000 jiwa lainnya merasakan gempa berkekuatan sedang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com