Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Raya Galungan, Pura Agung di Denpasar Dipadati Umat Hindu

Kompas.com - 10/02/2016, 07:52 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Hari ini, Rabu (10/2/2016), umat Hindu merayakan Hari Raya Galungan. Pura Agung Jagadnatha di Denpasar, Bali, sudah dipadati umat sejak pagi.

Mereka datang secara bergantian untuk bersembahyang kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa.

"Ya tadi pagi kan sudah mebanten(menghaturkan sesaji Galungan) di rumah. Terus ke Pura Desa, ke Pura Kahyangan dan di lanjut menakuti atau sembahyang di Pura Jagadnatha. Kita bersembahyang kan bersyukur atas limpahan rejeki dan kesehatan bagi keluarga," kata Sudarminta.

Hal yang sama disampaikan oleh Putu Nariani. Dia mengatakan sengaja bersembahyang di Pura Jagadnatha yang merupakan pura besar bersama keluarganya. Pasalnya, Nariani mengaku merasa kurang lengkap jika tidak melaksanakan persembahyangan di pura yang lokasinya di pusat kota Denpasar ini.

"Sekeluarga seperti wajib sembahyang di sini. Saya kan asli Denpasar, ini pura besar yang ada di Denpasar. Tidak hanya Galungan saja, setiap ada perayaan Hindu atau doakan pasti semua ke sini (Pura Jagadnatha)," kata Nariani.

Pura Agung Jagadnatha membuka kesempatan kepada warga untuk bersembahyang secara bergantian. Jadwal sembahyang dimulai sejak pagi hingga malam hari.

Dengan pembagian jadwal ini untuk menghindari menumpuknya umat secara bersamaan ke Pura Jagadnatha dan juga bisa terlayani dengan baik oleh pengurus atau pemimpin pura yang menggelar persembahyangan.

Di pura ini, siapa pun dari luar kota Denpasar boleh bersembahyang jika tidak sempat pulang kampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com