Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI Perjuangan Terapkan Pembangunan Berencana di Jateng

Kompas.com - 09/02/2016, 08:22 WIB
Ihsanuddin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terus menyuarakan program Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PNSB) sebagai haluan dalam bernegara.

Sambil gagasan itu diperjuangkan melalui usulan amandemen terbatas UUD 1945, PDI-P juga siap mengaplikasikan pola tersebut dalam menjalankan pemerintahan daerah, khususnya di provinsi yang kepala daerahnya didominasi kader PDI-P, seperti di Jawa Tengah.

Demikian semangat yang ditekankan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Diperluas DPD PDI Perjuangan Jateng, yang berlangsung di Semarang, Senin (8/2/2016) kemarin.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan, di Jawa Tengah terdapat 18 kepala daerah kabupaten/kota dari PDIP.

Para kader di eskkutif itu didorong untuk melakukan sinergi antar daerah sehingga pengembangannya, baik dari segi infrastruktur hingga industri, bisa saling memberikan dukungan.

“Pembangunan berencana dengan basis Trisakti tentu bisa diterapkan di jawa Tengah ini. Apalagi, selain di faktor bahwa kabupaten/kota yang strategis dipimpin kader PDI Perjuangan," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/2/2016). 

"Gubernur dan Wakilnya juga kader yang menguasai betul bagaimana mengejawantahkan ideologi partai mewujudkan pemerintahan yang berbasis Trisakti Bung Karno,” dia lagi.

Dengan pola pembangunan berencana di Jateng, kata Hasto, maka nantinya bisa dipetakan di mana saja dan basis apa saja potensi masing-masing daerah.

Misalnya untuk di jalur Pantura menjadi basis produksi pangan, di daerah lain bisa menjadi basis pariwisata, basis industri, serta basis potensial lainnya.

“Itu semua ada saling keterkaitan yang membutuhkan sinergi. Di situlah para kader PDI Perjuangan di ekskutif penting untuk bersama-sama menjadikan pembangunan di Jateng ini benar-benar secara terencana,” ungkap dia.

Hasto pun mengapresiasi kepemimpinan PDI Perjuangan Jateng dibawah kepemimpinan Bambang Wuryanto.

Dalam Pilkada Serentak 2015 lalu, PDI-P mengalami kenaikan suara signifikan dan lebih memudahkan partai dalam mewujudkan pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana.

“Pilkada di Jateng mampu menjaga martabat partai, tinggal bagaimana bisa membumikan pembangunan semesta berencana," ujarnya. 

"Seperti di Bali, PDI Perjuangan mendorong bagaimana agar ada kereta api yang bisa melingkari Bali. Penting untuk mewujudkan bagaimana konsepsi PNSB karena pembangunan satu daerah tidak bisa terpisahkan dengan daerah lainnya,” ucap Hasto lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com