Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Bali Partisipasi Pasang Angpao untuk Barongsai

Kompas.com - 07/02/2016, 22:36 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

KUTA, KOMPAS.com - Warga Bali khususnya umat Hindu memasang angpao yang digantungkan berjejer di pohon depan rumahnya Jalan Raya Kuta, Bali.

Angpao berjumlah sepuluh dengan isi Rp 100.000 ini untuk barongsai Vihara Dharmayana Kuta yang akan lewat di depan rumah warga saat acara kirab atau pawai dalam rangka ritual tolak bala menjelang Perayaan Imlek yang jatuh pada Senin (8/2/2016).

"Kan kita bertetangga. Barongsai ini kan milik Vihara di belakang rumah saya. Mereka melakukan ritual kan untuk kebaikan kita semua. Ini bentuk kepedulian kok, sama-sama umat harus toleransi," kata Agung Ngurah Trisna, Kuta, Badung, Bali, Minggu (7/2/2016).

Hal yang sama dilakukan oleh Wiliam, warga Jalan Raya Kuta juga memasang beberapa Angpao yang digantungkan di depan rumahnya.

Dia menyampaikan bahwa angpao ini bisa diambil oleh barongsai ditengah perjalanan ritual. "Kan angpao bisa diambil langsung barongsai yang melakukan kirap pembersih yang berbau sial. Ini persembahan untuk pemilik rumah agar dilimpahkan rejeki,"kata Wiliam.

Ritual tolak bala ini dilakukan oleh Vihara Dharmayana Kuta satu hari menjelang Imlek yang lakukan dengan kirap barongsai dan liong atau naga.

Menariknya, ritual dilakuan di setiap persimpangan Jakan yang dilaluinya dari Jalan Blambangan menuju Jalan Raya Kuta hingga kembali ke Vihara.

Jumlah persimpangan yang dilalui berjumlah empat persimpangan dan disitulah dilakukan ritual mempersembahkan sesaji untuk membersihkan bumi dan alam sekitar dari pengaruh kejahatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com