Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Hari Pers Nasional, 200 Jurnalis "Menumpang" KRI Makassar

Kompas.com - 05/02/2016, 19:28 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 200 jurnalis berkesempatan menumpang kapal perang TNI AL KRI Makassar dari Surabaya menuju Lombok, Jumat (5/2/2016).

Pelayaran tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional yang di pusatkan di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Letkol Elmando, salah seorang perwira di KRI Makasar memperkirakan perjalanan menuju Lombok menempuh waktu sekitar 22 jam.

"Kemungkinan kita akan sampai pada Sabtu siang, karena kita berangkat hari ini pukul 10.30 wib," jelasnya di hadapan para peserta Sail Journalist.

Elmando mengingatkan agar semua peserta tidak membuang sampah ke laut. "Itu sudah menjadi komitmen kami jika pelayaran ini bebas dari sampah," kata dia.

Hal senada juga disampaikan Teguh Santoso, Ketua Panitia Hari Pers Nasional. Menurutnya pada pelayaran ini, peserta tidak membawa materi berbahan plastik.

"Kita memang masih belum 100 persen bebas dari plastik tapi untuk pelayaran kali ini ada imbauan agar peserta tidak membawa materi plastik," ujarnya.

Teguh menjelaskan saat ini Indonesia adalah penghasil sampah plastik nomor dua terbanyak  di dunia setelah China.

"Jadi pelayaran kali ini kita juga mengkampanyekan terkait pengurangan penggunaan plastik," tambahnya.

Pada ajang Sail Jurnalist ini, peserta juga mengikuti diskusi kemaritiman yang digelar di atas KRI Makasar dengan tema "Membedah Posisi Indonesia dalam Persaingan Maritim Dunia" dengan salah satu pembicara adalah Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika.

"Ada juga workshop penulisan wisata bahari dengan harapan jurnalis ikut mendorong pariwisata khususnya wisata bahari," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com