Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Pemusnahan Bom PD II Jadi Tujuan Wisata Sejarah

Kompas.com - 04/02/2016, 00:27 WIB
Kontributor Ternate, Fatimah Yamin

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, berencana membangun wisata sejarah di lokasi penemuan bom peninggalan Perang Dunia II di ladang pasir Desa Joubelah, Kecamatan Morotai Selatan.

Pemkab Morotai dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bersama aparat kepolisian, TNI AU dan pengelola Museum Perang Dunia II, Rabu (3/2/2016) siang tadi, meninjau langsung lokasi penemuan bom tersebut.

Bom itu, menurut pengelola museum Muhlis Eso, disepakati tidak akan dipindahkan karena lokasi itu akan dijadikan wisata sejarah oleh Pemkab Morotai. Di lokasi itu, kata dia, diduga masih ada bom karena lokasi itu dulunya dijadikan sebagai tempat pemusnahan bom.

“Sejak Amerika meninggalkan Morotai, di lokasi itu dijadikan tempat pemusnahan bom,” kata Muhlis.

Bom yang ditemukan di ladang pasir tersebut merupakan peninggalan tentara sekutu Amerika Serikat pada tahun 1944. Berat bom itu mencapai 250 kilogram dengan panjang 135 sentimeter.

Alasan lain pemilihan lokasi itu sebagai wisata sejarah adalah penemuan goa bekas tentara Jepang serta kuburan tentara sekutu.

“Tidak jauh dari ditemukannya bom itu, di situ ada goa yang dulunya ditempati tentara Jepang serta ada 7 kuburan tentara Amerika dan Australia,” ujarnya.

Di goa itu ditemukan peralatan perang, sepatu serta alat masak peninggalan tentara Jepang.

Goa dan kuburan itu sebelumnya tidak pernah terpublikasi, namun dengan rencana Pemkab Morotai membangun wisata sejarah ini, mulai dipublikasikan sejumlah penemuan di lokasi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com