Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deddy Mizwar Berpeluang Besar Diusung PKS di Pilgub Jabar

Kompas.com - 31/01/2016, 15:39 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Aktor senior yang kini menjabat Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, dinilai berpeluang maju sebagai calon gubernur di Pilgub Jabar 2018.

Hal tersebut tersirat dalam Rapat Koordinasi Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat yang dilaksanakan di Bandung, Minggu (31/1/2016).

Kepala Bidang Polhukam DPW PKS Jabar Sadar Muslihat mengatakan, Deddy merupakan sosok yang berpeluang paling besar untuk diusung partainya pada Pilgub Jabar 2018.

Selain memiliki popularitas yang tinggi di masyarakat, Deddy pun memenuhi kriteria PKS terkait kelanjutan pembangunan di Jabar saat ini.

"Ingin yang sudah dilakukan Kang Aher (Ahmad. Heryawan) bisa berlanjut. Tentu ya secara politis, melihat tadi, keinginan program berlanjut, yang paling berpeluang ya beliau," ujar Sadar, Minggu.

Karena itu, pihaknya akan berusaha menggandeng partai lain yang memiliki ketertarikan sama terhadap Deddy.

Saat ini, sambung dia, PKS hanya membutuhkan satu kursi di DPRD Jabar agar bisa mengusung kandidat pilgub.

"Sekarang (di DPRD Jabar) 12 kursi, harus berkoalisi, kurang 1 kursi. Gampang-gampang susah. Kalau aturannya tidak berubah, minimal 13 kursi," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Wilayah PKS Jabar Ahmad Syaikhu mengatakan, pihaknya tengah menyeleksi kandidat yang akan diusung pada Pilgub Jabar 2018.

"Sejumlah persiapan telah dilakukan seperti Pemilu Raya (Pemira) awal di tingkat kader," ucap Syaikhu.

Dari penjaringan tersebut, pihaknya menerima banyak nama. Namun, ia enggat menyebut nama yang dimaksud. Sosok yang akan diusung kemungkinan berasal dari elit politik saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com