Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pejabat Bangka Selatan Ditangkap Bawa Uang Palsu Rp 109,5 Juta

Kompas.com - 31/01/2016, 10:12 WIB
BANGKA SELATAN, KOMPAS.com  -  Sagimin, sekretaris camat Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan ditahan petugas Bandara Juanda, Surabaya, Sabtu (30/1/2016).

Warga Desa Payung, Kecamatan Payung, Bangka Selatan ini diamankan karena diduga membawa uang paslu sebesar Rp 109,5 juta.

Informasi penangkapan tersebut telah diketahui Iman, Pelaksana Tugas (Plt) Camat Pulau Besar.

"Benar, tadi lihat di berita online, kalau dalam berita dan liat dari foto nya, iya (Sagimin)," ucap Iman saat dihubungi Bangkapos.com.

Iman menambahkan, meski sudah membaca kabar itu lewat media tetapi pihaknya belum mendapat konfirmasi resmi terkait kasus tersebut.

"Kami sudah melaporkan ke pak sekda dan kemungkinan koordinasi lebih lanjut terkait langkah-langkah selanjutnya," tambah Iman.

Petugas bandara Juanda juga menangkap Buiran (46) yang diduga terlibat dalam pengiriman upal ini.

Dua orang ini akan terbang dari Bandara Juanda, dengan tujuan Pangkalpinang. Saat melintasi pintu X-Ray, petugas mencurigai tas hitam yang dibawa kedua orang ini.

Petugas kemudian meminta dua orang ini membuka tas tersebut. Ternyata tas itu berisi uang pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000.

Setelah dihitung petugas, uang ini terdiri dari 1.022 lembar uang pecahan Rp 100.000 dan uang pecahan Rp 50 ribu sebanyak 147 lembar.

Petugas tidak hanya menemukan lembaran uang yang diduga palsu. Petugas juga menemukan barang berupa pasir dan gula yang dibungkus kertas yang dibubuhi tulisan Arab.

Barang ini diduga digunakan Sagimin dan Buiran sebagai jimat. Kedua orang ini langsung dibawa ke kantor Denpomal Lanudal Juanda untuk menjalani pemeriksaan awal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bangka Pos
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com