Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nunggak sejak 2013, Tagihan PDAM atas Nama Ibu Jokowi Rp 7,5 Juta

Kompas.com - 29/01/2016, 14:55 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — PDAM Kota Solo terpaksa menyegel meter air di rumah yang pernah ditinggali keluarga Presiden Joko Widodo di Sumber, Solo.

Penyegelan dilakukan karena orang yang tinggal saat ini menunggak pembayaran hingga tiga tahun. Tagihan yang harus dibayar sebesar Rp 7,5 juta.

Kepala PDAM Kota Solo Maryanto membenarkan kabar itu. Dia menyebut alat ukur air di rumah beralamat di Jalan Ahmad Yani 331, RT4/ RW 13, Manahan, Solo, tersebut, yang saat ini ditinggali oleh Suliadi, disegel.

Penyegelan tersebut menjadi gempar setelah diketahui rekening meter ukur air yang disegel atas nama Sudjiatmi Notomoihardjo, yang tak lain ibunda Presiden Joko Widodo.

"Benar, rekening air di rumah tersebut atas nama Sudjiatmi Notomihardjo," kata Maryanto saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (29/1/2016).

Namun, Maryanto menambahkan, yang tinggal di rumah tersebut bukanlah Sudjiatmi, ibunda Jokowi, melainkan Suliadi.

Suliadi adalah mantan sopir Jokowi saat masih berdinas di Kota Solo. "Biasanya, kalau kontrakan yang tanggung jawab bayar adalah yang tinggal saat ini Mas, jadi bukan harus nama yang tertera di rekening," kata Maryanto.

Maryanto pun menjelaskan, saat ini tagihan sudah dicicil lima bulan terlebih dahulu oleh Suliadi dan sisanya akan dicicil.

"Informasi terakhir sudah cicil lima bulan dulu Mas, nanti kurangnya akan dicicil," kata Maryanto.

Keluarga besar Presiden Joko Widodo pernah tinggal di rumah tersebut hingga akhirnya pindah ke daerah kawasan Sumber.

Suliadi adalah mantan sopir Jokowi saat berdinas di Kota Solo. Tagihan terhitung belum terbayar sejak tahun 2013 hingga saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com