Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Semringah Stadion GBLA Bisa Dipakai PON

Kompas.com - 29/01/2016, 09:14 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) diisyaratkan bakal bisa dipakai untuk pergelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat XIX 2016.

Sinyal positif itu terungkap seusai Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendatangi Kantor Bareskrim Mabes Polri, Kamis (28/1/2016).

"Saya ada rapat dengan Bareskrim, berita baik GBLA boleh diperbaiki," kata Emil, sapaan akrabnya, saat ditemui di Pendopo Wali Kota Bandung, Kamis (28/1/2016) malam.

Perbaikan sejumlah komponen stadion itu dilakukan sebagai jaminan bahwa GBLA laik digunakan dalam event besar.

Dia mengatakan, perbaikan tersebut akan dilakukan seusai semua elemen terkait, khususnya penyelenggara PON, berkumpul untuk membuat kesepakatan.

"Kemungkinan diperbaiki setelah semua elemen kumpul menyepakati kondisi terakhir, kemungkinan 9 Februari 2016. Kalau sudah berkumpul, nanti semuanya direkam. Kalau sudah maksimal, nanti kita lobi lagi ke KONI agar pembukaan dan penutupan bisa di GBLA," tutur dia.

Emil menjelaskan, perbaikan struktur stadion tak akan memakan waktu lama lantaran hanya bersifat ringan dan kasatmata.

"Enggak banyak, hanya masalah struktur ringan yang kasatmata. Kalau kemarin kan terlihat mengkhawatirkan, padahal hasil analisis tidak seperti itu. Dengan Bareskrim sudah sepakat, hukum jalan terus, perbaikan jalan terus," kata dia.

"Sayang dong uang rakyat Rp 600-Rp 700 miliar tidak terpakai. Saya juga ingin main bola di situ," ucap dia.

Emil memperkirakan, perbaikan akan rampung pada April hingga Mei mendatang. "Tiga bulan dari Februari, Pak Gubernur inginnya ada pembukaan (di GBLA)," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com