Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panci Bertuliskan Aksara Arab, FPI Lapor Polisi

Kompas.com - 27/01/2016, 14:34 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Front Pembela Islam (FPI) Jawa Timur melaporkan perusahaan produsen alat dapur di Sidoarjo ke Polda Jatim atas kasus penistaan agama, Rabu (27/1/2016).

FPI menilai aksara Arab yang tertera di salah satu jenis panci yang diproduksi perusahaan tersebut adalah lafal nama "Allah". Lafal berbahasa Arab tersebut terdapat di stiker yang ditempel di salah satu sisi panci.

Di bawah lafal tersebut terdapat gambar menyerupai gunung dengan dominasi warna biru, di bawahnya juga ada tulisan merek "Paramount" dan di bawahnya lagi terdapat tulisan "Aluminium Wares".

Sekretaris FPI Jatim Moh Choiruddin mengatakan, peredaran panci-panci tersebut diketahui atas laporan umat Islam di sejumlah daerah yang mengaku resah.

"Simbol agama kok dipakai merek panci, ini jelas penistaan agama," katanya.

PT Tekstroindo Anugerah Sukses Abadi sebagai terlapor, kata dia, juga harus meminta maaf kepada umat Islam serta menarik semua produk panci yang sudah tersebar di berbagai daerah di Jawa Timur.

"Tidak cukup itu, polisi juga harus memproses laporan ini secara hukum," tegasnya.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan akan memproses kasus yang dilaporkan FPI tersebut sesuai prosedur hukum.

Setelah masuk laporan, polisi akan melakukan penyelidikan, mengumpulkan barang bukti, dan memeriksa saksi.

"Tidak ada pengecualian dalam kasus yang melibatkan siapa pun, semua akan diproses sesuai aturan," katanya.

Kasus serupa sebelumnya juga terjadi pada produk alas kaki yang diproduksi oleh perusahaan di Gresik, Jawa Timur. Bahkan lafal "Allah" tercetak sebagai motif hiasan di bagian bawah sandal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com