Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama 10 Menit, Lereng Merapi Diguyur Hujan Es

Kompas.com - 25/01/2016, 19:35 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Hujan lebat disertai butiran es melanda kawasan lereng Merapi tepatnya di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (25/1/2016) sore.

Peristiwa langka ini sempat mengejutkan warga maupun pengendara yang sedang melintas. Butiran es yang turun bersama dengan air hujan itu berukuran 4-5 sentimeter atau seukuran kerikil.

Ahmad Muslim (31), seorang warga setempat menceritakan, sebelum hujan es turun, cuaca mendung pekat disertai angin dan gerimis yang diikuti hujan lebat.

“Saat itu saya dengar ada suara gemuruh, seperti batu jatuh di atas genteng, setelah saya keluar rumah ternyata hujan es," kata Muslim, Senin sore.

Menurut Muslim, hujan es berlangsung tak lama yaitu sekitar 10 menit. Meski demikian, warga yang penasaran justru berhamburan keluar rumah.

"Sejauh ini belum ada laporan adanya kerusakan rumah akibat hujan es ini," ucap warga Dusun Pondok, Desa Srumbung, Kecamatan Srumbung itu.

Hal senada disampaikan Farida (30), juga warga Desa Srumbung. Meski berlangsung singkat namun peristiwa itu sempat membuatnya khawatir sehingga ia memilih untuk berada di dalam rumah.

"Iya tadi pas hujan es sempat takut, tapi bersyukur hanya sebentar, sekarang sudah reda," ucapnya.

Sementara Cut Aini (32) pengendara mobil yang sedang melintas di kawasan Srumbung juga kaget dengan peristiwa itu. Ia sempat menghentikan mobilnya setelah terdengar suara gemuruh di atap mobilnya.

"Seperti kejatuhan kerikil, suaranya keras sekali, saya berhenti dan lihat ternyata hujan es sepesar biji petai," kata Aini.

Warga Dusun Tosaren, Desa Kradenan, Kecamatan Srumbung ini mengatakan banyak pengendara lainnya, baik motor maupun mobil, yang berhenti karena khawatir kaca mobil pecah atau mereka terluka terkena butiran es.

Sejauh ini belum diperoleh keterangan resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang terkait fenomena hujan es tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com