Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debit Air Kali Kendal Naik, Ribuan Rumah di Kendal Terancam Kebanjiran

Kompas.com - 23/01/2016, 17:56 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com — Ribuan rumah yang ada di Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, terancam kebanjiran, Sabtu (23/1/2016).

Hujan lebat di daerah Kendal atas, seperti di daerah Boja, Singorojo, dan sekitarnya, membuat air yang masuk ke Kali Kendal cukup banyak.

Akibatnya, Kali Kendal sudah hampir tidak bisa menampung debit air. Menurut salah satu warga Ngilir, Yoga (31), air mulai memenuhi Kali Kendal sejak pukul 07.00 pagi. Hingga sore ini, air terus bertambah.

“Tadi pagi Kendal juga hujan, tetapi hanya sebentar. Air yang ada di Kali Kendal juga belum penuh,” kata Yoga.

Yoga mengaku, air mulai meluber di jalan dan menggenangi sejumlah halaman rumah ketika siang hari.

Sutrisno (44), warga Kelurahan Trompo, Kendal, menjelaskan, Kali Kendal mulai penuh pada pagi hari. Air berwarna kecoklatan tersebut mengalir deras dan meluap di jalan–jalan.

“Sebagian rumah di sini sudah mulai kemasukan air,” kata Trisno.

Terkait dengan hal itu, salah satu petugas Tim SAR Bahurekso Kendal, Eko, mengaku bahwa dirinya bersama beberapa teman dari tim SAR masih berjaga-jaga di posko yang ada di kantor Badan Penanggulangan Bencana Air.

Eko mengaku bahwa dirinya sudah berkeliling ke beberapa kelurahan yang ada di Kecamatan Kendal. Namun, hingga kini kondisi Kali Kendal masih Siaga I. 

"Kami masih terus memantau. Kami berharap agar anak-anak jangan bermain di pinggir kali, apalagi berenang. Itu membahayakan karena arus air sangat kencang,” kata Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com