Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Janji Obati Tangan Tawan Si "Iron Man" dari Bali

Kompas.com - 22/01/2016, 17:57 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

KARANGASEM, KOMPAS.com — Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengunjungi bengkel las Wayan Sumardana (31) alias Sutawan alias Tawan yang kini dijuluki "Manusia Tangan Robot" dari Desa Nyuhtebel, Manggis, Karangasem, Bali.

Dalam kunjungannya, Gubernur Pastika berjanji memerintahkan Dinas Kesehatan untuk memeriksa tangan kiri Tawan yang lumpuh dan kini pergerakan harus dibantu tangan robot.

"Pemprov Bali akan mengawal terus pengobatan Tawan sampai sembuh. Saya akan instruksikan Dinas Kesehatan untuk memeriksa tangannya," kata Pastika, Jumat (22/1/2016).

Gubernur Pastika meninjau langsung kondisi tempat tinggal Tawan yang menjadi satu dengan bengkel las, dengan tumpukan botol dan barang bekas berserakan.

Melihat kondisi itu, Pastika mengatakan, bantuan sosial akan disiapkan untuk meringankan beban Tawan.

Pastika segera menginstruksikan Dinas Sosial Pemprov Bali untuk memfasilitasi pembangunan rumah layak huni dan menata bengkel milik Tawan.

"Semangat juang serta nyugihnya perjuangan Tawan di tengah segala keterbatasan adalah salah satu role model bagi generasi muda. Dengan kondisi sakit dan serba kekurangan, dia tidak menyerah," ujar Pastika.

Kepedulian Pemerintah Provinsi Bali, terutama Gubernur Bali Made Mangku Pastika, memang sempat ditanyakan Kompas.com saat mengunjungi Tawan.

Saat itu, Tawan tidak berharap terlalu muluk karena sudah terbiasa hidup sederhana dan apa adanya serta tidak mau memusingkan janji-janji orang lain.

Kompas TV Ini Cara Kerja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com