Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tawan Si Manusia Tangan Robot Disebut "MacGyver"-nya Bali (4)

Kompas.com - 21/01/2016, 21:49 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

KARANGASEM, KOMPAS.com — Wayan Sumardana (31) alias Wayan Sutawan alias Tawan yang dipanggil "manusia robot" karena merancang tangan seperti robot dipanggil dengan sebutan "MacGyver-nya Bali".

Hal ini disampaikan oleh Ketut Kari, salah satu pelanggan Wayan Tawan, kepada Kompas.com saat berada di bengkel milik Tawan di Banjar Tahunan, Nyehtebel, Candidasa, Karangasem, Bali.

"Kalau boleh saya berpendapat, MacGyver-nya Bali. Orang lain yang tidak bisa lakukan, dia bisa lakukan dengan caranya sendiri," kata Ketut Kari, Karangasem, Kamis (21/1/2016).

MacGyver adalah tokoh serial televisi asal Amerika yang diceritakan sebagai ahli fisika dan kimia dan ahli dalam merakit peralatan sebagai pelindung dirinya. 

Sosok inilah yang digambarkan oleh Ketut Kari terhadap sosok Tawan.

"Tawan hanya tamat STM, tetapi dalam menghadapi masalah, baik kerjaannya atau dirinya, dia punya penyelesaian sendiri, dan berhasil. Contohnya, kalau di bengkel lain sudah menyerah, Tawan bisa mengerjakan," ujarnya.

Yang membuat kekagumannya, dengan kondisi tangan kiri lumpuh, Tawan tetap bersemangat bekerja untuk istri dan anak-anaknya dengan menciptakan tangan yang digerakkan seperti robot rancangannya. (Baca selengkapnya: Stroke, Alasan Tawan Membuat Tangan Robot dari Barang Bekas (1)

"Kemungkinan, teori yang tidak dipelajari di sekolahnya, tetapi dia bisa, nah itu hebatnya. Tetapi, Tawan itu sederhana, rendah hati, kasihan saya," ujar Ketut.

Tawan kini menjadi perbincangan tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia karena mampu merancang tangan "robot" untuk dirinya sendiri karena tangan kirinya lumpuh.

Menurut Tawan, robot tangannya itu digerakkan oleh pikirannya. Tangan robotnya tidak bisa dipakai orang lain karena khusus dirancang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. (Baca: Ini Cara Kerja Tangan Robot Milik Tawan (2)

Kompas TV

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com