Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang, Anggota Gafatar Akan Dikarantina Selama 2 Hari

Kompas.com - 21/01/2016, 17:31 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Kepulangan ratusan pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dari Kalimantan ke Jawa Timur akan disambut khusus. Sebelum dikembalikan ke rumah masing-masing, mereka akan dikarantina selama dua hari. 

Di Surabaya, mereka akan ditampung di tempat khusus selama dua hari untuk didata dan dibina khusus.

"Akan ada kelas khusus untuk memberikan pemahaman tentang Islam kepada mereka. Pemahaman tentang Islam akan diluruskan kembali," kata Wakil Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Najib Hamid, Kamis (21/1/2016).

Pihaknya mengaku diminta Pemprov Jawa Timur bersama Ormas Nahdatul Ulama (NU), Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Kanwil Kemenag Jawa Timur sebagai tim fasilitasi pemulangan pengikut Gafatar asal Jawa Timur.

Tidak hanya dibekali pemahaman Islam yang benar, mereka juga akan dibekali pengertian agar dapat berbaur dengan masyarakat di daerahnya dan membuka diri untuk kehidupan sosial, karena selama ini mereka menganggap apa yang dianutnya paling benar, dan yang lain salah.

"Kami berharap, warga juga bisa menerima kehadiran mereka kembali, karena mereka sebenarnya adalah korban," tambah Najib.

Catatan tim, ada sekitar 500 warga Jawa Timur dari berbagai daerah yang bergabung bersama Gafatar dan memilih tinggal di Kalimantan. Dari Kalimantan, dengan menggunakan kapal akan berangkat Jumat (22/1/2016) besok dan akan sandar di Pelabuhan Semarang pada Sabtu besok.

"Kami sedang berupaya agar yang dari Jawa Timur bisa langsung sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya," kata Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com