Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Gedor-gedor Pintu, Penjaga Malam Pabrik Selamat dari Kebakaran

Kompas.com - 18/01/2016, 11:40 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Sebuah pabrik kertas di Sukoharjo ludes terbakar, Senin (18/1/2016) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam persitiwa tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapaI ratusan juta rupiah.

Petugas pemadam kebakaran kesulitan menjinakan si jago merah, karena banyaknya bahan yang mudah terbakar di dalam pabrik.

Korsleting menjadi dugaan awal penyebab kebakaran sebuah pabrik kertas di Jalan Baki-Pajang, Sukoharjo, Jawa Tengah, sekitar pukul 06.30 WIB.

Sebagian besar isi pabrik seluas kurang lebih satu hektar tersebut ludes terbakar. Menurut keterangan warga, asap hitam mengepul dari atap pabrik. Lalu beberapa warga mencoba untuk menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan sebagian yang lain menggedor-gedor pintu pabrik.

Untung saja, penjaga malam pabrik segera mendengar gedoran pintu dan menyelamatkan diri.

"Ada warga teriak-teriak kebakaran karena lihat asap muncul dari atap pabrik. Di pabrik itu juga pemiliknya tinggal, tapi saat itu kosong hanya penjaga malam. Warga coba kasih tahu penjaga malam agar cepat keluar," kata Parman, salah satu saksi mata.

Tidak berselang lama, sejumlah mobil kebakaran segera tiba dan mencoba memadamkan api. Kurang lebih dua jam, petugas pemadam berjuang mematikan api. Akses yang sulit serta banyaknya bahan mudah terbakar membuat pemadam kesulitan untuk menjinakkan si jago merah.

"Hanya ada satu pintu di depan dan banyak yang mudah terbakar jadi sulit," kata Ari Darisman, petugas pemadam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com