Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

120 Rumah Warga di Buru Selatan Rusak akibat Gempa

Kompas.com - 17/01/2016, 13:37 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Lebih dari seratus rumah warga di dua desa, yakni Desa Masawoy dan Desa Ulima, Kecamatan Ambalau, Kabupaten Buru Selatan, Maluku, mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan 5,4 SR yang mengguncang wilayah tersebut, Minggu (17/1/2016).

Dari seluruh rumah warga yang rusak itu, sebagian mengalami kerusakan yang cukup parah. “Ada beberapa rumah warga yang rata dengan tanah juga. Sebagian lagi mengalami kerusakan parah,” kata salah satu tokoh masyarakat setempat, Dade Namkatu, saat dihubungi Kompas.com dari Ambon, Minggu (17/1/2016).

Pihak BPBD Kabupaten Buru Selatan hingga kini belum dapat memberi keterangan soal  kerusakan akibat gempa tersebut karena mereka baru menyeberang ke Kecamatan Ambalau untuk melakukan pendataan.

Menurut Dade Namkatu, total rumah warga yang rusak dan telah didata oleh masyarakat itu berada di Desa Masawoy dan di Desa Ulima. ”Kalau di Desa Ulima tercatat ada 70 rumah warga yang rusak dan di Desa Masawoy ada 50 rumah warga yang rusak,” ujarnya.

Kepala BPBD Kabupaten Buru Selatan Awat Mahulau mengaku, pihaknya telah mendapatkan laporan adanya rumah-rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa tersebut. Namun, soal berapa jumlah rumah yang rusak itu belum dapat dipastikan.

“Informasi yang kita dapat ada 30 rumah warga yang rusak, tetapi nanti kita akan cek langsung ke sana, saat ini kita sedang menuju kesana. Nanti kalau kita sudah dapat datanya lengkap akan kita sampaikan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com