Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-bom Sarinah, Polda Malut Perketat Pengamanan di Bandara dan Pelabuhan

Kompas.com - 14/01/2016, 23:20 WIB
Kontributor Ternate, Fatimah Yamin

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Polda Maluku Utara meningkatkan pengamanan khususnya di tempat-tempat yang menjadi pusat keramaian seperti bandara, pelabuhan, dan pusat perbelanjaan.

Peningkatan pengamanan itu dilakukan menyusul terjadinya serangan teror yang terjadi di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (14/1/2016) siang.

Kabid Humas Polda Maluku Utara AKBP Hendri Badar mengatakan, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti memerintahkan kepolisian daerah di seluruh Indonesia untuk memberlakukan siaga 1.

“Siaga 1 akan dilakukan sampai ada pencabutan,” kata Hendri Badar.

Menindaklanjuti instruksi Kapolri, Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Zulkarnain meminta semua jajaran untuk meningkatkan keamanan khususnya di tempat-tempat umum yang menjadi pusat keramaian seperti bandara, pelabuhan maupun pusat perbelanjaan.

Semua personel polres jajaran diminta melakukan patroli bersama pihak keamanan lain.

Di semua titik yang menjadi pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan, personel diminta memperketat keamanan dengan mengecek setiap barang bawaan para penumpang.

“Pintu-pintu masuk akan diperketat, personel diminta melakukan pemeriksaan setiap barang bawaan penumpang. Ini dilakukan untuk mengantisipasi jangan sampai ada yang membawa barang-barang mencurigakan, bahan peledak, senjata, maupun barang terlarang lainnya,” kata Hendri.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk melaporkan kepada aparat keamanan jika melihat maupun mendengar adanya orang mencurigakan atau tidak dikenal maupun barang atau benda mencurigakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com