Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Cianjur, Akses Menuju Bandung via Jalur Puncak Ditutup

Kompas.com - 13/01/2016, 23:06 WIB
Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com — Bencana tanah longsor terjadi di Jalur Puncak, tepatnya di wilayah Cigenang, Kabupaten Cianjur, Rabu (13/1/2016).

Akibat peristiwa tersebut, terjadi penumpukan arus kendaraan dari arah Puncak menuju Cianjur dan sebaliknya. Polisi kemudian menutup sementara akses jalan menuju Bandung lewat Jalur Puncak.

Kasubag Humas Polres Bogor AKP Ita Puspita Lena menuturkan, panjang longsoran di wilayah tersebut mencapai lima meter, yang menyebabkan kawasan tersebut tak dapat dilalui kendaraan.

"Panjang longsoran yang menutup jalan Puncak sekitar lima meter. Longsoran tersebut menutup total Jalan Raya Puncak di Cigenang, Cianjur, serta terjadi penumpukan arus lalu lintas di jalur tersebut," kata Ita, Rabu (13/1/2016).

Ita menambahkan, saat ini petugas memberlakukan penutupan jalan sementara sampai proses pembersihan jalan selesai.

Satlantas Polres Bogor mengimbau masyarakat yang akan menuju Bandung melalui jalur Puncak dan Cianjur agar menggunakan jalur alternatif, seperti jalur Sukabumi atau jalan tol Jakarta.

"Anggota Satlantas Polres Bogor melakukan pengalihan di pos polisi Lingga Ciawi (Km 46 Tol Jagorawi) arah jalur Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) dengan cara menyalakan running text untuk memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak terjadi kemacetan panjang di jalur Puncak," kata dia.

Sejumlah pemberitahuan juga dilakukan di beberapa jalan tol, seperti Tol Jagorawi dan Gerbang Tol Cibubur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com