Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Gafatar di Bandung, Ridwan Kamil Perkuat Kesbangpol

Kompas.com - 13/01/2016, 15:29 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku belum mendapat laporan terkait keberadaan organisasi Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) di Bandung.

Meski demikian, pria yang akrab disapa Emil itu mengaku enggan kecolongan. Dia mengatakan bakal segera memperkuat jajaran Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol).

"Belum dengar (Gafatar di Bandung). Makanya, sedang kita jalani karena ini kan isu nasional. Laporan dari Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) belum ada. Antisipasi akan menguatkan koordinasi di Kesbangpol ini," ucap Emil di Balai Kota Bandung, Rabu (13/1/2016).

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan para ulama dan ormas Islam agar ikut mendeteksi keberadaan Gafatar.

"Bukan hanya Gafatar saja, dengan isu lain, ISIS, bom, dan sebagainya. Untuk deteksi gerakan penyimpangan, saya kira terus berkomunikasi dengan MUI dan ormas Islam," ucapnya.

Oded mengaku selama ini dirinya belum pernah mendengar aktivitas organisasi Gafatar di Kota Bandung.

"Kebetulan saya kan aktif di organisasi Islam. Saya belum pernah dengar nama Gafatar," ujarnya.

Meski begitu, dia berpesan kepada para ulama di wilayah agar memberikan pemahaman dan pembelajaran soal gerakan radikalisme.

"Saya selalu mengimbau kepada seluruh kekuatan umat Islam agar selalu hati-hati," kata Oded.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com