Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Korban Lumpur Lapindo Tuntut Sertifikat Tanah

Kompas.com - 11/01/2016, 11:13 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SIDOARJO, KOMPAS.com - Ratusan warga korban lumpur Lapindo menggelar unjuk rasa di depan kantor pengembang Kahuripan Nirwana Village, PT Mutiara Mashyur Sejahtera, Senin (11/1/2016).

Mereka mendesak agar anak perusahaan Lapindo Brantas Inc itu menyerahkan sertifikat tanah yang dijanjikan sebagai ganti rugi bencana lumpur.

Warga dari enam RW di komplek perumahan Kahuripan Nirwana Village yang masuk di wilayah Desa Sumput dan Desa Cemengkalang Sidoarjo itu berjalan kaki menuju kantor MLJ yang berada di komplek KNV dengan membawa spanduk dan satu set alat pengeras suara yang dinaikkan di atas mobil. 

Mereka adalah korban lumpur yang memilih skema ganti rugi rumah yang ditampung di perumahan KNV. Meski sudah menempati kompleks perumahan sejak 2009, namun hingga kini sertifikat tanah ganti rugi belum diberikan. 

"Kami tahu sertifikat sudah ada, kenapa tidak juga diberikan, padahal janjinya sertifikat akan diberikan setelah pilih kavling tahun 2008 lalu" kata Ali Rahmat, Ketua RW 7 Desa Sumput Kecamata Sidoarjo.

Dari total sekitar 2.500 warga korban lumpur yang memilih ganti rugi rumah di komplek perumahan bisnis milik Bakrie Grup itu, sebanyak 1.500 warga belum mendapatkan sertifikat.

Hingga pukul 10.15 WIB, belum ada perwakilan dari MLJ yang menemui warga. Sementara, ratusan warga terus menggelar orasi dan memenuhi halaman PT MLJ.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com