Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Sukarela Beri Sumbangan untuk Acara Penobatan Paku Alam X

Kompas.com - 05/01/2016, 05:16 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Yogyakarta ikut andil memberikan sumbangsih berupa dana dalam penobatan Paku Alam X pada 7 Januari 2015. Kepedulian masyarakat ini dinilai sebuah bentuk kecintaan warga Yogyakarta terhadap Pura Pakualaman.

"Kebutuhan anggaran pelaksanaan Jumenengan Paku Alam X mencapai sekitar Rp 500 juta," ujar Ketua II Jumeneng Dalem Paku Alam X KRMT Tirtonegoro, Senin (4/1/2016).

Tirtonegoro menyampaikan, sebagian besar dana untuk penobatan Paku Alam X berasal dari sumbangsih masyarakat secara sukarela.

Sumbangan tidak berwujud uang, tetapi berupa tenda, sound sistem dan beberapa benda lainya.

"Kalau ditotal dengan nilai uang sekitar setengahnya dari biaya. Kekurangannya, Pura Pakualaman sudah mempunyai anggaran," kata dia.

Keterlibatan masyarakat dalam penobatan merupakan bentuk kecintaan terhadap Pura Pakualaman. Masyarakat ingin agar Pura Pakualaman serta tradisinya terus lestari. Tirtonegoro mengapresiasi respons positif warga tersebut.

Penobatan Putra Mahkota Kadipaten Pura Pakualaman Kanjeng Bendara Pangeran Harya Prabu Suryodilogo sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X akan digelar pada Kamis lusa.

Upacara penobatan akan digelar di Kagungan Dalem Bangsal Sewotomo Kadipaten Pakualaman.

Seusai penobatan, akan diadakan Kirab Ageng yang melibatkan enam kereta pusaka milik Pura Pakualaman dan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Kirab juga akan di ramaikan dengan hadirnya empat ekor gajah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com