Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Ekor Gajah Akan Ramaikan Kirab Ageng Jumenengan Paku Alam X

Kompas.com - 03/01/2016, 17:06 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pasukan gajah akan berada di barisan utama Kirab Ageng Jumenangan Dalem Paku Alam X pada Kamis (7/1/2015).

"Besok akan ada empat ekor gajah yang akan turut meramaikan kirab Jumenengan," ujar Ketua Kirab Jumenengan Dalem Paku Alam X, Widihasto Wasana Putra, Minggu (3/1/2016).

Hasto menyampaikan, empat ekor gajah yang akan ikut dalam kirab Jumenengan merupakan koleksi Kebun Binatang Gembiraloka dan Koleksi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

"Empat ekor Gajah yang ikut meramaikan bernama Sibaya (32), Cempaka (25), Natasya (24), dan Gilang (17). Gajah yang bernama Gilang merupakan koleksi Kasultanan Yogyakarta, tiga lainya dari Gembiraloka," ujarnya.

Posisi keempat ekor gajah pada barisan utama di depan kereta-kereta pusaka.

"Total ada 700 orang yang akan turut meramaikan Kirab Jumenengan. Pengamanan kirab, sekitar 2.500 orang," tandasnya.

Rombongan kirab, akan berangkat dari Puro Pakualaman melewati Jln Sultan Agung, Jln Hayam Wuruk, Jln Bausasran, Jln Gayam, Jln Cendana, Jln Kusumanegara, Jln Sultan Agung, dan kembali ke Puro Pakualaman.

Sebelumnya diberitakan putra mahkota Kadipaten Pura Pakualaman Kanjeng Bendara Pangeran Harya (KBPH) Prabu Suryodilogo dinobatkan menjadi Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X. Ia menggantikan posisi ayahnya Sri Paduka Paku Alam IX yang meninggal karena sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com