Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua Komisi V DPR RI Sebut Pengelolaan Dana Desa masih Setengah Hati

Kompas.com - 01/01/2016, 02:13 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis menyebut pemerintah daerah di Indonesia, setengah hati dalam mengelola dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat sebesar Rp 21,1 triliun. 

Menurut Fary, hal itu ditemukan saat dirinya bersama teman temannya di Komisi V melakukan kunjungan reses di daerah pemilihan mereka masing-masing.

“Hal ini jika tidak dikawal dengan baik, maka masyarakat akan dirugikan. Pemanfaatan dana desa tahun 2015 sebesar Rp 20,1 triliun, setelah kami keliling di beberapa desa di seluruh Indoensia, kami menduga bahwa pemerintah masih mengelola dengan setengah hati, bahkan bukan setengah hati lagi,” kata Fary, Kamis (31/12/2015).

Padahal kata Fary, mandat dari Undang-Undang desa itu jelas yakni dana itu untuk kepentingan masyarakat dan tidak menyimpang dari sisi pemanfaatan anggarannya. 

Fary mengaku, hampir kebanyakan anggaran di desa itu malah dikelola pihak ketiga. 

“Padahal intinya uang itu harus berputar di masyarakat, tapi pada kenyataannya, dana desa yang dipakai untuk pembangunan jalan dan bangunan fisik lainnya malah dikerjakan oleh kontraktor (pihak ketiga), bahkan bahan bakunya juga didatangkan dari luar desa,”terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com