Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Tahun Baru, Ridwan Kamil Perkenalkan Amphitheater Cikapundung

Kompas.com - 01/01/2016, 01:17 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Warga Kota Bandung kembali memiliki ruang terbuka baru. Tempat itu bernama Amphitheater Cikapundung atau lebih dikenal dengan nama Teras Cikapundung.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memperkenalkan Teras Cikapundung kepada warga bertepatan dengan malam pergantian tahun, Kamis (31/12/2015).

"Hari ini kita membuka pertama kali untuk warga Bandung namanya teras Cikapundung. Revitalisasi tepian sungai Cikapundung yang dulu tidak pernah dikunjungi daerah gelap sekarang bisa dinikmati warga," kata Ridwan.

Emil, begitu dia disapa, mengatakan revitalisasi tepian Sungai Cikapundung merupakan salah satu cara baru memuliakan sungai.

"Saya berharap inilah wajah sungai Bandung baru sehingga diintensifkan lagi silahkan warga menggunakan dan jaga ketertiban saja," ucapnya.

Teras Cikapundung berlokasi di Jalan Siliwangi di kawasan lembah Babakan Siliwangi. Teras Cikapundung yang semula gelap dan rimbun pepohonan, kini berubah menjadi taman hijau dan asri.

Emil menambahkan, Teras Cikapundung akan diluncurkan secara resmi oleh Kementrian PU dalam waktu dekat.

"Ini bentuk dukungan kementerian PU makanya peresmiannya dua minggu lagi oleh Menteri PU sehingga bisa resmi digunakan dengan maksimal," jelasnya.

Amphitheater Cikapundung merupakan proyek nasional yang dikelola Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

Dana sebesar Rp 3,5 miliar digelontorkan untuk merevitalisasi Sungai Cikapundung. Semula proyek tersebut ditargetkan rampung pada Desember 2013. Proyek itu sempat molor lantaran terkendala pembebasan lahan permukiman warga bantaran sungai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com