Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal, Pengunjung Gunung Tangkuban Parahu Naik 50 Persen

Kompas.com - 25/12/2015, 20:41 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejumlah tempat wisata di Kawasan Bandung Utara dipadati wisatawan yang memanfaatkan libur panjang.

Lonjakan pengunjung terjadi di Taman Wisata Gunung Tangkuban Parahu, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada Jum'at (25/12/2015).

Tempat wisata yang terkenal dengan legenda Sangkuriang itu sudah dipadati wisatawan sejak hari pertama libur sekolah.

Direktur Utama PT Graha Rani Putra Persada, pengelola Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu Putra Kaban mengatakan, jumlah pengunjung naik hingga hingga 50 persen.

"Intensitas peningkatan pengunjung naik sejak semingu yang lalu saat libur sekolah. Kita sudah prediksi bakal ramai," kata Putra.

Jumlah pengunjung pada libur Natal kali ini cenderung meningkat dari tahun lalu. "Untuk hari biasa kita bisa terima pengunjung sekitar 1.000 orang tiap hari. Sekarang lebih dari 1500 wisatawan yang datang tiap harinya," ungkapnya.

Tak hanya wisatawan lokal, jumlah pengunjung dari luar negeri pun turut meningkat. "Yang wisman banyak yang sering ke sini, alasan mereka karena disini masih orisinil. Biasanya mereka booking jauh-jauh hari," ucapnya.

Pihak pengelola pun telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi jumlah pengunjung. Selain menata para pedagang di sekitar kawah Ratu, pengelola juga menambah jumlah pegawai saat musim liburan.

"Antisipasi, pertama memperbanyak tenaga mulai dari tenaga loket, sekuriti, dan umum. Kita perbaiki infrastruktur, penambahan parkir kendaraan. Kita di sini wisata alam berbasis konservasi jadi kami tidak bisa melakukan rehabilitasi tanpa izin pemerintah," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com