Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macet di Brebes Tidak Terduga

Kompas.com - 25/12/2015, 13:30 WIB
Kontributor Brebes, Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com — Antrean kendaraan masih mengular di sejumlah titik di jalur Pantura Brebes, Jawa Tengah, Jumat (25/12/2015) siang.

Kemacetan terlihat antara lain di Simpang Tiga Pejagan, jalur pantura Wanasari, dan kompleks Alun-alun Brebes.

Rata-rata panjang antrean di setiap titik kemacetan kendaraan pemudik mengular hingga 5 km. Selain truk bertonase besar, antrean kendaraan di jalur pantura didominasi mobil pribadi berpelat Jakarta. 

Kapolres Brebes AKBP Haryo Sugihartono mengatakan, kemacetan yang terjadi di wilayahnya memang tidak diduga. Antrean panjang kendaraan di wilayah tersebut tidak pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

"Kami tetap melakukan yang terbaik untuk para pemudik libur Natal ini agar bisa ke kampung halaman. Memang kalau ibarat botol, kita ini di ujung, jadi pasti macet karena mendapat titik akhir keluarnya kendaraan," kata Haryo di Pintu Keluar Tol Pejagan.

Haryo menambahkan, sebenarnya konsentrasi pada tanggal 25 Desember ini pada pengamanan di gereja. Namun, karena kondisi arus lalu lintas macet, konsentrasi kini dipusatkan di dua titik, yaitu gereja dan arus lalu lintas. 

"Kalau kami lihat, arus kendaraan terus naik. Bahkan, dari pantauan, kenaikannya 30 persen. Namun, berbagai upaya, seperti penarikan arus dengan contra flow atau pola tiga-satu, terus dilakukan," ujar Haryo.

Hingga kini, belum ada upaya dari aparat kepolisian untuk mengalihkan arus kendaraan ke jalur aternatif dari Pintu Tol Pejagan. Sebab, kemacetan terjadi lantaran adanya perbaikan jalan dan meningkatnya volume arus kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com