Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Pengurai Kemacetan Siaga di Pantura

Kompas.com - 24/12/2015, 10:49 WIB
Kontributor Brebes, Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com — Puncak arus mudik liburan Maulid Nabi Muhammad SAW, Natal, dan Tahun Baru 2016 di jalur pantura sudah terjadi dari Rabu (23/12/2015) hingga Kamis (24/12/2015) subuh.

Kini, volume kendaraan yang melintas dari arah Jakarta-Semarang sudah mengalami penurunan sehingga tidak ada kemacetan.

"Yang jelas sudah ada penurunan. Untuk jumlahnya berapa persen belum diketahui, terbukti sekarang tidak ada antrean di pantura dari arah Jakarta," kata Kasatlantas Polres Brebes AKP Arfan Zulkan Sipayung.

Antrean kendaraan justru terjadi pada arah Semarang-Jakarta karena laju kendaraan melambat akibat adanya perbaikan jalan betonisasi di jalur pantura.

Dari pantauan Kompas.com, aparat kepolisian melakukan penarikan arus dengan rekayasa lalu lintas contra flow atau pola 3-1 dari kompleks pusat oleh-oleh melewati perbaikan jalan sepanjang satu kilometer. 

Praktis kendaraan pemudik yang didominasi mobil pribadi dari arah Jakarta-Semarang hanya menggunakan satu lajur jalan. Meski tidak terjadi kemacetan, aparat Satlantas Polres brebes tidak mau lengah.

Arfan mengatakan sudah menyiapkan puluhan anggotanya sebagai tim pengurai kemacetan.

"Jadi, ada 20 anggota yang menjadi tim pengurai kemacetan dibagi menjadi tiga tim, secara teknis bekerja secara mobile, baik di pantura, pintu keluar tol, jalur tengah maupun selatan, agar pemudik tidak terjebak macet," katanya. 

Arfan mengimbau pemudik jangan memaksakan diri menyetir apabila sudah merasakan lelah sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com