Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ibu, Polwan Bagi-bagi Helm Gratis

Kompas.com - 22/12/2015, 08:48 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Hari Ibu yang jatuh pada hari ini, Selasa (22/12/2015), diperingati oleh para Polisi Wanita (Polwan) Satuan Lalu Lintas Polres Magelang Kota dengan membagi-bagikan helm kepada pengendara sepeda motor di sejumlah ruas jalan.

Helm gratis itu khusus diberikan kepada pengendara perempuan yang dianggap sudah tertib berlalu lintas.

Kepala Unit Dikyasa Polres Magelang Kota Fefy Yunitasari menjelaskan, pemberian hadiah ini merupakan sosialisasi tentang tertib berlalu-lintas kepada masyarakat. Pada momen ini, lanjut Fefy, pihaknya ingin mengajak perempuan untuk bisa menjadi pelopor keselamatan berlau-lintas bagi masyarakat lainnya.

”Para perempuan bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, menjadi teladan bagi masyarakat untuk senantiasa menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat," ujar Fefy.

Aksi para polwan ini sontak mengundang perhatian para pengguna jalan lainnya yang sedang melintas. Mereka pun terlihat antusias menyambut aksi para polisi wanita tersebut.

Selain helm, para polwan ini juga membagikan ratusan suvenir, stiker, dan bunga. Para Polwan juga memberikan imbauan kepada pengendara untuk menaati rambu-rambu lalu lintas, termasuk melakukan peragaan penggunaan helm dengan benar yang ditandai dengan bunyi "klik".

Fefy menyebutkan, angka kecelakaan lalu lintas di Kota Sejuta Bunga masih terbilang tinggi. Tidak sedikit kecelakaan tersebut mengakibatkan korban jiwa. Salah satu penyebabnya karena tidak sedikit pengendara sepeda motor yang mengabaikan keselamatan mereka sendiri di jalan raya.

”Salah satu contohnya mereka tidak mengenakan helm. Padahal helm yang dipakai dengan baik dan benar itu penting untuk melindungi keselamatan mereka jika terjadi kecelakaan lalu lintas. Dengan tertib, kecelakaan bisa dicegah,” tandasnya.

Sejarah Hari Ibu, upaya perjuangan untuk kesetaraan gender:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com