Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Ditunda karena Cuaca, Penumpang Garuda Mengeluh Tak Diberi Penginapan

Kompas.com - 18/12/2015, 02:19 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Akibat cuaca buruk, pesawat Garuda Indonesia dari Denpasar tujuan Tambolaka dan Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), terpaksa parkir semalam di Bandara Tambolaka.

Sejumlah penumpang kecewa karena tidak mendapatkan kompensasi penginapan dari pihak maskapai penerbangan.

Salah seorang penumpang dari Tambolaka tujuan Kupang, Teti, mengaku terpaksa menunggu di bandara karena sudah terlanjut check out dari tempat penginapan (hotel).

“Tadi kami sudah sempat masuk dan berada dalam pesawat sekitar 30 menit. Namun pilot akhirnya mengumumkan bahwa para penumpang harus turun karena cuaca buruk, sehingga kami kemudian turun,” kata Teti kepada Kompas.com, Kamis (17/15/2015),

Menurut Teti, ia dan belasan penumpang lainnya lalu menuju ruang tunggu Bandara Tambolaka. Dia berharap akan segera terbang. Namun, hingga kini belum ada kejelasan.

Teti mengaku kecewa karena tidak bisa mendapat kompensasi penginapan dari pihak Garuda Indonesia. Dia bersama beberapa temannya yang hendak terbang ke Kupang pun bingung bermalam di mana.

Terkait pembatalan penerbangan, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Tambolaka, Yohanes Rukep, mengatakan bahwa memang terjadi cuaca buruk.

Sehingga, penumpang Garuda tujuan Kupang baru bisa diberangkatkan Jumat (17/12/2015) besok.

“Tadi memang hujan lebat sekali dan gelap sehingga batal terbang hari ini dan kita pastikan besok pagi sekitar pukul 07.00 Wita pesawat sudah bisa terbang ke Kupang,” kata Yohanes.

Dihubungi secara terpisah, pimpinan Garuda Indonesia wilayah Tambolaka, Agung Surya Kencana mengaku, pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA460 CRJ-1000 sesuai jadwal terbang ke Kupang pukul 14.30 Wita namun batal karena cuaca.

Dia memberitahukan, pesawat akan terbang pada Jumat pagi.

Terkait penumpang yang kecewa karena tak mendapat kompensasi penginapan, Agung mengatakan, dia sudah menjelaskan kepada penumpang.

“Tadi kita sudah jelaskan hal ini ke penumpang karena cuaca, jadi maskapai tidak bertanggung jawab. Mereka akhirnya mengerti. Yang difasilitasi hotel hanyalah penumpang dari Denpasar tujuan Kupang,” kata Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com