Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Kendal, Mirna Anissa-Masrur Maskur Menang di Semua Kecamatan

Kompas.com - 17/12/2015, 22:13 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Pasangan Mirna Anissa-Masrur Maskur, menang di 20 kecamatan di Kabupaten Kendal dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kendal 2015.

Hasil itu diketahui setelah KPU Kabupaten Kendal selesai melakukan rekapitulasi perolehan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kendal 2015, Kamis (17/12/2015) petang.

Dalam rekapitulasi menyebutkan, pasangan calon nomor urut dua yakni Mirna Anissa- Masrur Maskur (Manis Bersyukur), memperoleh 289.970 suara.

Sedangkan pasangan nomor urut satu, yakni Widya Kandi Susanti-Moh Hilmi (Wali), hanya memperoleh 176.087 suara.

Hasil rekapitulasi ditandantangi Ketua KPUD Kendal, Wahidin Said beserta anggota KPUD lainnya serta para saksi pasangan nomor urut dua yakni Ain Jazuli (Gerindra) dan Sutono Gimsoe (PAN).

Sedangkan saksi pasangan Widya-Hilmi, yang diwakili Intan Mayasari, tidak mau menandatangani hasil rekapitulasi tersebut.

Intan beralasan dirinya hanya ditugasi untuk menyaksikan proses rekapitulasi saja.

"Di sini saya hanya menjalankan tugas yang diberikan," kata Intan Mayasari, saksi nomor urut satu dari PDIP.

Terkait dengan hal itu, ketua KPUD Kendal, Wahidin Said, menegaskan tersedia waktu tiga hari  bagi pasangan calon yang tidak puas dengan hasil penghitungan suara tersebut.

Dalam waktu tiga hari, pasangan calon yang tak puas harus segera mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

Jika dalam tiga hari ke depan tidak ada gugatan terkait hasil rekapitulasi, maka KPU Kendal akan menetapkan pemenang Pilkada pada Selasa pekan depan.

"Setelah itu, hasil penetapan pemanang akan diserahkan ke Pemkab Kendal, untuk diproses ke Kementerian Dalam Negeri," tambahnya.

Jumlah pemilih tetap dalam pilihan bupati dan wakil bupati Kendal 2015 sebanyak 758.654 jiwa dengan level partisipasi mencapai 67,42 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com