Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melongok Barang Gratifikasi, dari Voucer Belanja hingga Berlian Rp 2 Miliar

Kompas.com - 10/12/2015, 12:23 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Festival Antikorupsi yang digelar di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung berlangsung meriah. Sejumlah barang gratifikasi yang dipajang di pintu masuk "menyambut" kedatangan para peserta.

Hal itu pun menyedot antusias para tamu undangan. Pantauan Kompas.com, para pengunjung tampak berkerumun melihat benda gratifikasi, mulai dari voucer belanja senilai Rp 50.000, parfum, radio antik, jam tangan mewah, hingga berlian seharga Rp 2 miliar.

Semua barang itu tersimpan dalam lemari kaca. Barang gratifikasi rencananya bakal dilelang pada Jumat (11/12/2015) besok.

"Besok banyak yang mau ikut lelang, bahkan barang KPK terjual lebih dari nilai pasar," kata Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Sujanarko, Kamis (10/12/2015).

Kasubdit Pengelolaan Kekayaan Negara III Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Karman Kamal, berharap pameran tersebut akan membuat publik semakin sadar apa itu gratifikasi dan apa yang harus dilakukan untuk menyikapinya.

"Untuk event ini, kita ada 327 barang. Dalam pelaksanaannya, lelang akan dibagi ke dalam 199 lot," kata dia.

Dia mengungkapkan, lelang tersebut merupakan tindak lanjut dari apa yang telah dilakukan KPK. "KPK sudah menyerahkan barang-barang ini dan ini sudah ditetapkan sebagai barang milik negara. Hasil dari lelang ini nantinya akan masuk ke kas negara," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com