Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tri Rismaharini: Mulai Besok, Mari Bangun Surabaya, Hilangkan Permusuhan!

Kompas.com - 09/12/2015, 17:21 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana menyampaikan pidato di depan publik pendukung pada Rabu (9/12/2015) sore.

Pidato itu disampaikan di posko pemenangan, Jalan Kapuas, Tegalsari, Surabaya, setelah sejumlah hitung cepat menyatakan pasangan calon nomor urut dua tersebut mengungguli pasangan calon nomor urut satu, Rasiyo-Lucy Kurniasari.

"Saya beserta Mas Whisnu mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Surabaya yang telah mempercayai kami," ujar Risma disambut tepuk tangan pendukung.

"Ini bukan soal kemenangan. Kami bersama-sama warga Surabaya berkomitmen untuk meneruskan program pembangunan yang sudah berjalan. Insya Allah kita bisa sama-sama membangun Surabaya lebih baik dan sejahtera," lanjut Risma.

Risma yang sebelumnya juga sudah pernah menjadi Wali Kota Surabaya itu berpesan kepada rivalnya bahwa hasil pilkada ini bukanlah suatu kekalahan, melainkan hal yang wajar dalam satu kompetisi.

Ia mengajak seluruh elemen untuk tidak mengungkit siapa mendukung siapa.

"Mulai besok pagi, mari membangun Surabaya menjadi lebih baik. Mari kita hilangkan rasa permusuhan," lanjut Risma.

Pernyataan membesarkan hati sang rival juga disampaikan Whisnu dalam kesempatan yang sama.

"Kami akan merangkul siapa pun. Ini bukan soal menang atau kalah. Ini kemenangannya rakyat Surabaya," ujar Whisnu.

Sejumlah hasil quick count menyatakan bahwa Risma-Whisnu mengungguli Rasiyo-Lucy. Salah satu hasil yang dipublikasi yakni hasil hitung cepat tim pemenangan Risma-Whisnu. Tim merilis, pasangan Risma-Whisnu meraih 70.502 suara atau 86 persen.

Sementara itu, sang rival hanya meraih 11.277 suara atau 14 persen. Hasil itu didapat pada pukul 16.00 WIB melalui metode sampling sebanyak 400 tempat pemungutan suara (TPS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com