Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di TPS Ini, Pemilih Berebut Ayam

Kompas.com - 09/12/2015, 13:53 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Sebuah tempat pemungutan suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri, Jawa Timur, menyediakan beberapa ekor ayam sebagai hadiah bagi para pemilih yang mencoblos, Rabu (9/12/2015).

TPS 06 Desa Srikaton Kecamatan Ringinrejo itu menggunakan ayam untuk mendongkrak tingkat partisipasi pemilih.

Salah satu pemilih yang beruntung adalah Mbah Munir. Kakek 80 tahun ini sempat tidak percaya mendapat ayam itu. Hingga kemudian para petugas menjelaskannya.

"Ada dua ekor ayam yang diperebutkan dengan cara diundi," ujar Imam Bashori, Ketua KPPS TPS 06.

Selain ayam, juga banyak hadiah tambahan lainnya mulai dari permen, payung, peralatan mandi, hingga perlengkapan dapur. Jumlahnya tergolong banyak.

Banyaknya hadiah menyebabkan hampir seluruh pemilih yang berjumlah 374 orang, kebagian hadiah.

Selain hadiah, lokasi pemungutan suara juga dihias sedemikian rupa. Ornamennya didominasi dengan janur kuning dan bendera merah putih. Ditambah juga dengan seragam para petugas TPS yang mengenakan pakaian nuansa perjuangan.

Upaya itu dilakukan setelah melihat kondisi pra pencoblosan. Menurut Imam, banyak warga yang pesimistis mengikuti pilkada, sehingga dia dan petugas lainnya memeras pikiran untuk mendongkrak kedatangan pemilih ke TPS.

"Hasilnya, hingga agak siang ini pemilih yang datang mencapai 54 persen," tutur dia.

Dalam Pilkada Kabupaten Kediri ada dua pasangan calon (paslon) yang berlaga. Mereka adalah Paslon nomor urut 1 Haryanti-Masykuri (Harmas) dan paslon nomor 2 Ari Purnomo Adi-Arifin Tafsir (AA). 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com