Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum "Nyoblos", Calon Tunggal Ini Ziarah ke Makam Sesepuh

Kompas.com - 09/12/2015, 09:09 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Calon bupati tunggal dalam Pilkada Kabupaten Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, melakukan ziarah ke makam sesepuhnya sebelum melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara, Rabu (9/12/2015).

Dia menggelar doa bersama di makam kakeknya yang merupakan pendiri Pondok Pesantren Miftahul Huda KH Khoer Affandi.

"Tadi memanjatkan doa dulu kepada Allah SWT untuk mendoakan para sesepuh. Ritual ini biasa dilakukan sebelum pencoblosan," kata Uu.

Uu yang ditemani istrinya, Lina Marlina, berangkat dari kediamannya di Desa Kalimanggis, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, sekitar pukul 07.20 WIB.  

Mengenakan baju kokok putih, Uu juga mengunjungi orangtuanya, H Soleh Nasihin. Dia beserta istri meminta restu untuk memenangi Pilkada Tasikmalaya dengan pasangannya, Ade Sugianto.

Uu dan Ade merupakan calon tunggal di Jabar dalam pilkada serentak pada 2015 ini.

Makam keluarga Uu ada di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Huda. Ponpes tersebut memang dikenal sebagai milik keluarga besar Uu Ruzhanul Ulum.

Dalam ritualnya, Uu, istri, serta sang bapak, Soleh, memanjatkan doa. Sekitar 10 menit berada di sana, Uu dan rombongan kemudian bergegas ke TPS 3 di Desa Kalimanggis, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Manonjaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com