Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankan Pilkada, Polres Salatiga Razia Mobil dan Truk

Kompas.com - 09/12/2015, 07:10 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com - Guna mengantisipasi politik uang menjelang pemungutan suara, atau yang dikenal dengan serangan fajar, Polres Salatiga menggelar razia kendaraan truk barang maupun mobil pribadi.

Razia dilakukan diwilayah Salatiga yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Semarang seperti Suruh, Tengaran, Getasan, Pabelan, maupun Bringin, sejak Selasa (8/12/2015) malam hingga Rabu (9/12/2015) dini hari. (Baca: Kapolri: Ada yang Bikin Rusuh di Pilkada Mojokerto, Kami Sikat...)

"Di Salatiga memang tidak digelar pilkada, tetapi kami pun berkewajiban untuk melaksanaan kegiatan preventif, termasuk di dalamnya turut serta mengantisipasi tindak money politic atau populer mereka sebut sebagai serangan fajar," kata Kapolres Salatiga AKBP Yudho Hermanto, Rabu dini hari.

Salah satu titik razia adalah ruas Jalan Diponegoro, Salatiga. Dalam razia ini, polisi meminta kendaran roda empat, baik mobil pribadi maupun truk barang untuk diperiksa di halaman Kantor Satlantas Polres Salatiga.

Selain mengecek kelengkapan surat-surat kendaraan, polisi memeriksa isi kendaraan. Bahkan, petugas mengerahkan seekor anjing pelacak untuk mengendus kemungkinan adanya barang mencurigakan di dalam mobil maupun truk.

"Operasi ini tujuannya meminimalisir sejak dini potensi gangguan pada detik-detik pemungutan suara di sejumlah wilayah lain," ujar Yudho. (Baca juga: Pengamanan Pilkada, Polda Papua Butuh Pinjaman Pesawat Mabes Polri)

Menurut Yudho, meskipun wilayah hukum Salatiga tidak menggelar Pilkada serentak, namun pihaknya merasa perlu mengambil bagian untuk menciptakan kondisi yang aman dan tertib, khususnya di wilayah Kabupaten Semarang yang berbatasan dengan Salatiga.

"Razia ini untuk meminimalisasi sejumlah gangguan yang berpotensi mengganggu ketertiban maupun keamanan dalam pelaksanaan pilkada. Sejauh ini, aman dan kondusif," sambung dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com