Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Jabar: 8 Kabupaten/Kota di Jabar Siap Mengikuti Pilkada

Kompas.com - 09/12/2015, 04:34 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat Yayat Hidayat mengatakan, delapan kabupaten/kota di Jawa siap melaksanakan pilkada serentak pada 9 Desember 2015.

"Sudah siap, persiapan sudah hampir selesai, sudah 99 persen pelaksanaan pilkada serentak di delapan kabupaten kota di Jabar siap," kata Yayat kepada Kompas.com saat dihubungi Selasa, (8/12/2015).

Adapun delapan kabupaten/ kota peserta pilkada serentak 2015 itu di antaranya, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pangandaran, Kota Depok dan Kabupaten Tasikmalaya.

Yayat mengatakan, unsur Muspida (Musyawarah Pimpinan Daerah) Jawa Barat melakukan pemantau langsung ke daerah-daerah peserta pilkada serentak di Jawa Barat pada Selasa (8/12/2015). (Baca: KPU Kendal Bakar Ribuan Surat Suara dan Formulir Pemilihan Bupati-Wakil Bupati)

"Kita bagi tiga tim, kita pantau langsung ke daerah-daerah yanh menggelar Pilkada," kata dia.

Tim pertama terdiri dari gubernur Jabar, ketua KPU Jabar, kepala Kajati Jabar, pangdam III/Siliwangi, kapolda Jabar dan ketua Bawaslu yang memantau persiapan pilkada di Kabupaten Bandung dan Karawang.

Kemudian tim kedua terdiri dari wakil Gubernur Jabar, wakapolda, kasdam III/Siliwangi, anggota KPU dan Bawaslu yang memantau persiapan pilkada di Kabupaten Cianjur kemudian Sukabumi.

Tim ketiga terdiri dari sekda Jabar, irwasda, anggota KPU dan Bawaslu yang bertugas memantau persiapan pilkada Tasikmalaya. (Baca: Intelijen Media: Penyelenggaraan Pilkada Cukup Kondusif)

Setelah itu, mereka memantau persiapan pilkada di Kabupaten Pangandaran. "Yang tidak terkunjungi, hanya Kota Depok dan Indramayu. Meskipun tidak terkunjungi dua daerah ini kami pantau dari jarak jauh," kata Yayat.

Berdasarkan hasil pemantauan tersebut, menurut Yayat, tim Muspida tidak menemukan permasalahan berarti.

"Kendala sedikit-sedikit sih ada, tetapi kendala itu tidak fatal, semua bisa diselesaikan dengan baik," sambung dia.

Proses distribusi logistik pilkada seperti kotak pemungutan suara dan surat suara mulai dilakukan sejak Selasa (8/12/2015) siang.

"Paling cepat nanti jam 12 malam, kotak suara dan surat suara sudah tiba di TPS masing - masing," kata Yayat. (Baca: Di Solo, Sebuah Bus "Disulap" Jadi TPS)

Adapun jumlah pemilih tetap untuk delapan kabupaten kota di Jawa Barat ini mencapai 11.835.739 dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) 25.995.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com