Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

400 Personel Brimob Perkuat Pengamanan Pilkada di Maluku Utara

Kompas.com - 05/12/2015, 14:09 WIB
Kontributor Ternate, Fatimah Yamin

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Sebanyak 400 personel Brimob dari Mabes Polri tiba di Ternate, Maluku Utara Sabtu (5/12/2015) pagi tadi.

Kedatangan mereka dalam rangka pengamanan pilkada serentak 6 kabupaten dan 2 kota di Maluku Utara pada 9 Desember mendatang.

Usai upacara pelepasan personel pengamanan pilkada yang dipimpin Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Zulkarnain, mereka akan ditugaskan ke seluruh wilayah di Maluku Utara yang menggelar pilkada.

“Hari ini juga langsung dilakukan pergeseran termasuk 423 anggota Polda Malut yang akan melakukan pengamanan TPS,” kata Kapolda.

Ke-400 personel Brimob tersebut akan ditempatkan di lima kabupaten yakni Kabupaten Halmahera Utara, Halmahera Selatan, Kepulauan Sula, Halmahera Timur dan Kabupaten Pulau Taliabu.

Zulkarnain menjelaskan, pilkada Maluku Utara masuk kategori rawan dua. Penambahan personel pengamanan diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat selama pelaksanaan pilkada berlangsung.

“Ada tujuh kategori sehingga Malut dikatakan rawan dua, di antaranya yaitu Malut punya sejarah Pemilukada sering konflik, secara umum gangguan kamtibmas seperti konsumsi minuman keras yang berujung pada tawuran, serta incumbent sering diusukan gunakan fasilitas negara,” ujar Zulkarnain.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com