Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut: Presiden Putuskan Pakai Helikopter Dalam Negeri

Kompas.com - 04/12/2015, 12:50 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi PT Dirgantara Indonesia di Bandung, Jumat (4/12/2015). Kunjungan ini terkait dengan rencana pembelian helikopter.

“Presiden sudah memutuskan kita menggunakan pesawat dalam negeri,” ujar Luhut dalam kunjungannya ke PT DI di Bandung, Jumat.

Ketika ditanya apakah keputusan Presiden Jokowi ini terkait dengan pembatalan pembelian helikopter sebelumnya, Luhut mengelak.

Dia mengatakan, Presiden tidak membatalkan, tetapi disuruh memilih. Akhirnya Presiden memutuskan menggunakan pesawat dalam negeri.

“Sore ini saya akan lapor ke Presiden apa yang saya lihat. Ternyata PT DI masih hidup. Kemarin diputuskan untuk melakukan audit investigasi untuk tahu betul (kemampuan), jangan bertengkar,” imbuhnya.

Luhut mengaku, spesifikasi helikopter EC725 Cougar buatan PT DI bagus dan bisa digunakan untuk pesawat kepresidenan.

“Tinggal kita lakukan penyesuaian,” ungkapnya.

Dari pantauan, Luhut tiba di PT DI pukul 10.25 WIB dengan menggunakan helikopter dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Di PT DI, Luhut disambut pihak manajemen dan berkeliling di hanggar helikopter dan pesawat N219 buatan PT DI.

Di hanggar helikopter, Luhut terlihat serius memantau. Ia berkomunikasi beberapa kali dengan pegawai ataupun manajemen PT DI. Kunjungan Luhut hanya berlangsung sekitar satu jam. Setelah itu, Luhut meninggalkan PT DI menggunakan helikopter juga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com