Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiap Kelurahan di Bandung Bakal Punya Konsultan Tata Kota

Kompas.com - 30/11/2015, 14:27 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku sedang mencari komunitas yang punya keahlian di bidang tata kota.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, para arsitek itu nantinya bakal ditempatkan di tiap kelurahan di Kota Bandung untuk menangani sejumlah persoalan tata kota yang tak tertangani oleh pemerintah.

"Contohnya di kelurahan ada perempatan yang enggak jelas ada ruang yang negatif, ada sungai atau kekumuhan yang gak kepegang," kata Emil di Jalan Lengkong, Kota Bandung, Senin (30/11/2015).

Menurut Emil, gagasan itu diusung agar penataan tiap wilayah tak selalu mengandalkan pemerintah kota.

"Kombinasi masalah tadi menyebabkan apatisme (mendiamkan problem). Nah saya keluarkan gagasan setiap kelurahan punya penasehat ahli di bidang tata kota dan fisik kota yang mudah terlihat, sehingga saya butuh 151 komuinitas dimana dia yang akan memberikan soulusi," ujarnya.

Emil menjelaskan, para lurah bisa berkonsultasi dengan para arsitek untuk menyelesaikan persoalan kekumuhan di wilayahnya.

"Apakah dananya APBD atau luar itu, belakangan. Solusinya merata kita upayakan kita akan kerjasama koordinasi," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com