Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagi-bagi Uang Warnai Kampanye Saan-Iman di Karawang

Kompas.com - 29/11/2015, 08:16 WIB

KARAWANG, KOMPAS.com - Aksi bagi-bagi uang mewarnai kampanye terbuka pasangan calon bupati dan wakil bupati Saan Mustopa dan Iman Sumantri pada hari pertama kampanye terbuka Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu (28/11/2015).

Berdasarkan pantauan, aksi bagi-bagi uang pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000 itu dilakukan oleh beberapa orang yang diduga dari tim kampanye pasangan cabup/cawabup di atas panggung kampanye, Lapangan Karangpawitan, Karawang.

Aksi bagi-bagi uang itu dilakukan secara terang-terangan.

Massa yang berada di dekat panggung berebut uang yang diberikan sampai terjadi saling dorong dan saling sikut antarpendukung dan relawan.

Aksi itu sempat diprotes salah seorang yang berada di bawah panggung karena bisa memicu kericuhan karena banyaknya massa yang berada di bawah panggung.

Pasangan Saan-Iman mengawali kampanye terbuka dengan hiburan musik dangdut dan pertunjukkan seni tari jaipong, selain orasi politik dari tim kampanye pasangan ini.

Ribuan kader partai pengusung, pendukung dan relawan pasangan calon ini tumpah di Lapangan Karangpawitan Karawang. Mereka berasal dari berbagai daerah sekitar Karawang.

Sementara itu, berdasarkan Peraturan KPU No.7 Tahun 2015 pasal 26 ayat 1 dan 3, setiap pasangan calon diperbolehkan memberikan balas jasa kepada para pendukungnya maksimal senilai Rp 25.000 dalam bentuk suvenir dan dianggap sebagai bahan kampanye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com