Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPBD Lebak: Gempa Pandeglang Tak Timbulkan Kerusakan

Kompas.com - 28/11/2015, 22:54 WIB

LEBAK, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak menyatakan gempa tberkekuatan 5,6 skala Richter (SR) yang terjadi di Pandeglang, tidak menimbulkan kerusakan infrastruktur.

"Kami belum menerima laporan kerusakan infrastruktur maupun perumahan akibat gempa Pandeglang," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi di Lebak, Sabtu.

Ia meminta masyarakat tidak panik dengan gempa berkekuatan 5,6 SR dengan kedalaman 75 kilometer di sebelah tenggara Pandeglang.

Gempa Pandeglang terjadi pukul 21.47 WIB mengguncang hingga Kabupaten Lebak, DKI Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor dan Sukabumi.

Sebelumnya, masyarakat Rangkasbitung berhamburan akibat getaran gempa yang cukup keras itu.

Namun, getarannya tidak berlangsung lama sehingga tidak mengancam kerusakan bangunan rumah maupun sarana dan prasarana infrastruktur.

"Kami berharap warga pesisir selatan tidak panik dan gempa Pandeglang tidak menimbulkan tsunami," katanya.

Sementara itu, Maman (45) seorang warga Sumur, Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang saat dihubungi mengaku getaran gempa cukup keras namun tidak berlangsung lama.

Masyarakat sekitar sempat panik karena pusat gempa cukup berdekatan. Namun beruntung gempa itu tidak menimbulkan kerusakan.

"Kami dan warga di sini sudah kembali ke rumah setelah gempa berhenti," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com