Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perwira Polisi Tewas Saat Mencoba Selamatkan Warga yang Terbawa Arus

Kompas.com - 27/11/2015, 06:51 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

CIANJUR, KOMPAS.com - Niat menolong warga tenggelam, seorang polisi malah ikut terbawa arus, tenggelam di sebuah sungai.

Polisi itu, AKP Muhammad Muchlis, Kasubden III Den B Pelopor, Cipanas, Cianjur, akhirnya tewas ketika mencoba menyelamatkan warga yang tenggelam.

Insiden itu terjadi di Sungai Cikindul tepatnya di Bendungan Leuwi Pogor, Kampung Cipurut Desa Cijagang Kecamatan Cikalong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis, (26/11/2015) siang.

"Anggota kami telah gugur dalam tugas, beliau meninggal dunia saat menolong masyarakat yang terbawa arus," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Sulistyo Pudjo Hartono, Kamis, (26/11/2015).

Pudjo mejelaskan, insiden itu terjadi ketika, AKP Muhammad Muchlis dan sejumlah anggotanya menjalankan tugasnya dalam rangka giat pengamanan 'Arung Jeram' di Sungai tersebut.

Tiba - tiba, kata Pudjo, sekitar pukul 09.00 WIB, ada seorang warga, Jamaludin (28) tercebur karena terpeleset di sebuah jembatan kala menyebrang di atas sungai itu.

Jamaludin berteriak meminta pertolongan. Jamaludin pun tenggelam terbawa arus.

"AKP Muchlis dan satu anggotanya, Bripda Prento (Anggota Brimob Subden 3 Cipanas) dengan sigap segera terjun ke bendungan atau sungai untuk menyelamatkan warga yang tenggelam itu. Akan tetapi dalam prosesnya AKP Muchlis dan Bripda Prento ikut tenggelam juga," katanya.

Polisi lainnya pun bergegas menolong mereka. Nyawa Muclis tak tertolong. Sementara, dua lainnya, yakni, Prento dan Jamaludin dapat diselamatkan, namun kondisinya kritis.

"Tim Dokkes membawa korban ke RSUD Cianjur. Sementara, jenazah alm. Muchlis dibawa ke Mako Subden 3 Cipanas untuk disemayamkan," katanya.

Beberapa waktu kemudian, jenazah diberangkatkan ke Bogor untuk dilakukan pemakaman di tempat pemakaman umum (TPU) dekat rumah duka di Perum Villa Bogor Indah Pelican Blok CE 13 Nomor 8, Bogor.

Sekitar pukul 17.00 WIB, proses pemakaman dimulai. Pemakaman dilakukan secara militer. Turut melayat, Ustad Arifin Ilham -sahabat almarhum- yang sekaligus memimpin doa dalam pemakaman Kasubden III Den B Pelopor, Cipanas, Cianjur itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com