Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK Anggap Wajar Kongres HMI Didukung Dana APBD Rp 3 Miliar

Kompas.com - 23/11/2015, 09:57 WIB

KAMPAR, KOMPAS.com — Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan, dana Rp 3 miliar dari APBD Riau untuk kegiatan Kongres HMI 2015 di Kampar, Provinsi Riau, adalah hal wajar.

"Biasa. Menurut saya, itu hal yang biasa," kata Kalla di sela-sela Kongres HMI di Kampar, Riau, Minggu (22/11/2015) kemarin.

Ia menyebut Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) adalah aset masa depan bangsa. Menurut dia, HMI telah menyumbang pada perkembangan politik negara. Banyak di antara ketua umum dan pengurus intinya menjadi politisi.

Kalla mengatakan, bagi daerah, dana yang disumbangkan itu investasi untuk generasi muda, yang pada dasarnya adalah untuk mengapresiasi dalam bidang kepemudaan.

Ia mengatakan, investasi yang dimaksud adalah investasi masa depan karena siapa yang tahu mereka ini ke depan akan menjadi orang berguna bagi nusa, bangsa, dan agama, termasuk bagi daerah.

"Siapa yang tahu, kalau besok-besok mereka ini menjadi pengusaha dan duduk di kursi atau jabatan penting pemerintahan. Maka, ini membutuhkan dukungan dari pemda," katanya.

JK mengatakan lagi bahwa dana tersebut tidak serahkan kepada pribadi atau seseorang tertentu, tetapi diterima organisasi pemuda yang menjadi aset bangsa ke depan.

"Jadi, kalau saat ini organisasi mahasiswanya di Riau dan di Indonesia adalah HMI, maka kemudian diberikan ke HMI. Di mana-mana, itu sudah biasa. Sejak dulu begitu," katanya.

Sebelumnya, alokasi APBD Riau senilai Rp 3 miliar untuk kegiatan Kongres HMI 2015 di Kabupaten Kampar, Riau, mendapat kritikan dari berbagai pihak.

Forum Transparansi Anggaran (Fitra) menyatakan, dana sebesar itu adalah hal yang tidak wajar, terlebih menggunakan dana rakyat.

Koordinator Fitra Riau, Usman, mengatakan, pemberian dana APBD kepada organisasi mahasiswa tersebut justru akan memberikan dampak buruk kepada penerus bangsa. Mereka akan menjadi terbiasa untuk menghamburkan uang rakyat.

Pembukaan Kongres XXIX HMI dilaksanakan di Hotel Labersa, Siak, Hulu Kampar, sedangkan kegiatan kongres digelar di Gelanggang Remaja, Pekanbaru, pada 22-16 November 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com