Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Ternak Kambing, Gadis Muda Ini Biayai Kuliah hingga Lulus

Kompas.com - 20/11/2015, 15:41 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Beternak kambing selama ini identik dilakukan oleh kaum pria. Namun di Kabupaten Bantul, seorang gadis muda menggeluti usaha ini. Bahkan, dari usahanya ini, dia dapat membiayai sekolahnya hingga lulus S-1.

Indar Prastiwi (25) namanya. Dia menggeluti usaha ternak kambing Etawa di rumahnya di Desa Manding Kidul Trirenggo Bantul Yogyakarta.

Tiwi bercerita, sejak kecil dirinya sudah tidak asing dengan kambing. Pasalnya, sang ayah, Subagiyo, juga memelihara kambing. Bahkan ketika kecil, dia mengaku sempat menangis saat mengetahui kambing yang dipelihara ayahnya dijual.

Pada tahun 2002, Tiwi lantas memutuskan untuk membuka tabungan yang dikumpulkan sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP). Uang tersebut digunakanya untuk membeli anak Etawa.

"Kambing anakan Etawa itu saya beri nama Dewangga. Saya ingin usaha dan bisa mandiri," ungkap Indar, Jumat (20/11/2015).

Berkat ketelatenannya merawat, anak kambing miliknya itu akhirnya tumbuh dengan fisik yang besar. Melihat ada peluang untuk ikut kontes, Tiwi lantas mendaftarkan Dewangga.

Alhasil kambing Etawa yang dibelinya pada tahun 2002 itu berhasil merebut juara di beberapa kontes.

"Saya ikutkan kontes dan juara. Hasilnya lalu saya belikan Etawa betina, ya agar bisa berkembang," tegasnya.

Gadis berambut panjang ini mengaku, dari kambing Etawa Betina yang dibelinya itu ia berhasil melipat gandakan peternakanya. Hasilnya, dapat menjual beberapa kambing miliknya.

"Harga anakan sampai Rp 2 juta, kalau juara kontes ya harga jualnya sampai Rp 10 jutaan," tandasnya.

Hingga saat ini, lanjutnya, dia telah memiliki 15 ekor kambing Etawa di peternakan yang dinamainya "Gandhiza Farm".

Meski seorang perempuan, dia mengaku tidak pernah canggung memberi makan, membersihkan kotoran maupun memandikan satu per satu kambingnya.

Bayar kuliah

Gadis yang kerap disapa Tiwi ini mengaku berhasil mandiri setelah menggeluti usaha ternak kambing Etawa ini. Lewat usahanya, gadis berambut panjang ini mampu membiayai kuliahnya sendiri tanpa merepotkan kedua orangtuanya.

Setelah lulus SMA, pada tahun 2009, Tiwi masuk ke Universitas Sarjana Wiyata Yogyakarta jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com