Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Labrador Ciumi Tenda untuk Presiden Jokowi

Kompas.com - 19/11/2015, 12:25 WIB
PENAJAM, KOMPAS.com - Groundbreaking pembangunan rel kereta api dan technopark Kawasan Industri Buluminung, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, dihadiri Presiden Joko Widodo, Kamis (19/11/2015).

Berdasarkan informasi dari panitia, rombongan Jokowi dijadwalkan akan tiba di Buluminung sekitar pukul 14.00 Wita.

Sebelum kedatangan Jokowi, ratusan undangan telah memadati tenda masyarakat berwarna merah kuning. Namun, mereka lalu diminta keluar tenda, saat pihak keamanan melakukan penyisiran.

"Mohon maaf untuk para hadirin dipersilakan mengosongkan tenda, karena akan dilakukan sterilisasi," ujar salah satu anggota Yonzipur-17/AD yang mengenakan pakaian batik.

Sterilisasi dilakukan di beberapa titik, yaitu tenda VVIP, tenda masyarakat, kendaraan, hingga benda elektronik.

Selain anggota Yonzipur -17/AD Balikpapan, sterilisasi juga melibatkan petugas K9 BKO Mabes Polri di bawah kendali Paspampres di tenda masyarakat.

Tampak Sophi (6), tak berhenti mengendus satu per satu kursi yang berjejer di tenda. Sophi adalah seekor anjing Labrador, dengan kualifikasi pendeteksi bahan peledak bom dan senjata api.

Brigadir Ketut BKO Mabes Polri selaku pawang, menjelaskan anjing berwarna hitam tersebut, bertugas memastikan dan memberikan rasa aman kepada undangan dan peserta acara.

"Dari K9 sterilisasi di VVIP dan tenda masyarakat, kami usahakan untuk membuat yang terbaik dan memberikan rasa aman khusus untuk RI 1. Supaya groundbreaking berjalan aman dan lancar," kata dia.

K9 menurunkan seekor anjing dan empat personel. Menurut Ketut, hingga saat ini tidak ada tanda-tanda mencurigakan dan membahayakan di lokasi acara.

Langkah ini merupakan sterilisasi yang kedua sejak kemarin. Pendeteksian memakan waktu kurang lebih 30 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com